Bupati Sumenep : Silapor 112 Solusi Cepat Tangani Masalah Masyarakat

Senin, 26 Mei 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satu langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan publik, yakni mengembangkan layanan Call Center (CC) 112, sebagai saluran aduan terpadu masyarakat tidak hanya pada persoalan kedaruratan saja.

“Kami ingin CC 112 bisa mencakup banyak pelayanan kepada masyarakat tidak menangani kedaruratan, transportasi laut dan kesehatan saja, tetapi saat ini menyentuh masalah sosial masyarakat,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat Rapat Koordinasi Silapor 112, di Ruang PASA Rumah Dinas Bupati, Senin (26/05/2025).

Menurutnya, Silapor 112 untuk pengembangan layanan permasalahan sosial masyarakat, seperti pengaduan anak tidak mampu melanjutkan sekolah atau kuliah guna mendapatkan bantuan, warga ingin menikah tidak mampu membayar biaya surat nikah, dan warga yang membutuhkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni.

“Setelah ada laporan itu, perangkat daerah terkait langsung menindaklanjuti ke lapangan untuk memastikan bahwa mereka tidak mampu, sehingga sesuai prosedur layak mendapatkan bantuan pemerintah daerah,” terangnya.

Bupati menyatakan, Silapor 112 bisa menjadi solusi cepat dan efektif, supaya tidak lagi terhambat atau ketidaktahuan  harus melaporkan persoalan, manakala membutuhkan bantuan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Yang jelas, Silapor sebagai pusat layanan terpadu aktif selama 24 jam dan bebas pulsa, untuk seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik kedaruratan maupun masalah sosial.

“Pemerintah daerah melakukan penguatan layanan publik melalui teknologi informasi adalah bentuk nyata, dalam membangun tata kelola pemerintahan yang responsif dan inklusif untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Silapor 112 sebagai garda terdepan melayani masyarakat yang terintegrasi dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Satpol PP, serta lembaga terkait lainnya.

“Kami mengharapkan pengembangan layanan ini, bisa menciptakan sistem pelayanan publik yang lebih inklusif, cepat, dan tepat sasaran,” pungkas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Berita Terkait

Baznas Sumenep Jadi Penopang Harapan di Persalinan Pertama Warga Kepulauan
Prestasi Gemilang DKPP Sumenep, Bawa Pulang Penghargaan Tertinggi Kementan RI
Segera Buka Izin PR Baru, Bupati Fauzi: Pabrik Rokok Harus Serap Tenaga Kerja dan Tembakau Lokal
Bupati Sumenep Pastikan Pendidikan Tak Terhenti karena Ekonomi
Bupati Sumenep Tetapkan TIHT 2025 untuk Cegah Kerugian Petani Tembakau
Bupati Sumenep Desak Perangkat Daerah Bergerak Lebih Kreatif
Bupati Sumenep Tegas Akan Perjuangkan Petani Tembakau
Pejabat Masak Sendiri, Mie Goreng Jadi Perekat Forkopimda Sumenep

Berita Terkait

Jumat, 15 Agustus 2025 - 11:19 WIB

Baznas Sumenep Jadi Penopang Harapan di Persalinan Pertama Warga Kepulauan

Jumat, 15 Agustus 2025 - 10:50 WIB

Prestasi Gemilang DKPP Sumenep, Bawa Pulang Penghargaan Tertinggi Kementan RI

Senin, 11 Agustus 2025 - 22:11 WIB

Bupati Sumenep Pastikan Pendidikan Tak Terhenti karena Ekonomi

Senin, 11 Agustus 2025 - 21:04 WIB

Bupati Sumenep Tetapkan TIHT 2025 untuk Cegah Kerugian Petani Tembakau

Senin, 11 Agustus 2025 - 20:06 WIB

Bupati Sumenep Desak Perangkat Daerah Bergerak Lebih Kreatif

Berita Terbaru